Green Technology

comments


Mungkin banyak orang telah akrab dengan istilah “Green Technology” yang lazim diartikan dengan Teknologi Ramah Lingkungan atau Teknologi Hijau. Tetapi apa sebenarnya Green Technology itu? Secara singkat, istilah “Technology” mengacu pada aplikasi atau penerapan ilmu pengetahuan pada kehidupan sehari-hari untuk tujuan yang praktis.

Nah, di bidang “Teknologi Ramah Lingkungan atau Teknologi Hijau” ini mencakup sub-sub bidang yang secara terus-menerus mengembangkan metode, bahan, dan teknik untuk menghasilkan energi bersih yang tidak menghasilkan racun.

Banyak harapan menggantung pada bidang ini untuk memberikan inovasi dan perubahan dalam kehidupan sehari-hari seperti yang terjadi dengan ledakan teknologi informasi selama dua dekade
terakhir.



Sejalan dengan teknologi lainnya, Green Technology juga memiliki tujuan-tujuan tersendiri yang meliputi:

  1. Kontinuitas – mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan cara yang terus berlanjut (continue) tanpa batas ke masa depan tanpa merusak atau menghabiskan sumber daya alam. Dengan kata lain, memenuhi kebutuhan sekarang tanpa mengorbankan kebutuhan generasi mendatang untuk memenuhi keperluan mereka sendiri.
  2. Siklus – kemampuan produk yang sepenuhnya dapat didaur ulang kembali.
  3. Pengurangan sumber – mengurangi limbah dan polusi dengan mengubah pola produksi dan konsumsi masyarakat
  4. Inovasi – selalu dengan terus-menerus mengembangkan teknologi yang ada
  5. Viabilitas – menciptakan pusat kegiatan ekonomi yang menciptakan produk berbasis teknologi yang tidak merugikan lingkungan dan benar-benar melindungi planet ini. 



Adapun contoh-contoh bidang studi Green Technology:
  • Energi

Hal ini mungkin merupakan masalah yang paling mendesak dan fundamental untuk Teknologi Hijau, termasuk pengembangan bahan bakar alternatif, cara baru untuk menghasilkan energi dan efisiensi energi.
  • Green Building/Gedung Hijau

Green Building meliputi segala sesuatu dari pilihan bahan bangunan hingga ke lokasi bangunan berada.
  • Green Chemistry

Segala sesuatu yang mencakup penemuan, desain, dan aplikasi produk kimia dan prosesnya untuk mengurangi atau menghilangkan penggunaan zat berbahaya.
  • Green Nanotechnology

Teknologi Nano melibatkan manipulasi bahan pada skala nanometer atau satu miliar meter. Beberapa ilmuwan percaya bahwa penguasaan subjek ini di masa yang akan datang akan mengubah setiap cara produksi setiap benda di dunia ini.


Itulah secara ulasan singkat tentang Green Technology, tertarik untuk turut mengembangkannya?



Referensi (alfabetis):
green-technology.org  [Diakses: 27 April 2013]
en.wikipedia.org  [Diakses: 1 Mei 2013]
howstuffworks.com [Diakses: 1 Mei 2013]
scientificamerican.com [Diakses: 27 April 2013]



Sumber gambar:
go-green.ae [Diunduh: 27 April 2013]
jeansplustshirt.tumblr.com [Diunduh: 27 April 2013]
jimcopowdercoating.com [Diunduh: 27 April 2013]

No comments:

Post a Comment




Followers

Twitter

Stats